Tuesday, January 22, 2013

Teknik Menyusun Proposal PTK

By : APK

Penelitian Tindakan Kelas merupakan tugas dan kewajiban para guru. Guru, pada saat ini diharuskan melakukan kegiatan meneliti dalam suatu proses pembelajaran, yang tidak mengganggu agenda kegiatan mengajar keseharian. Dalam arti tugas meneliti yang dilaporkan ke dalam bentuk PTK ini, inklusif ke dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. 



Tugas Penelitian Tindakan kelas disusun secara sistematis mulai dari perencanaan hingga refleksi dalam melihat taraf keberhasilan dari sebua proses pembelajaran. Diawali dengan kesadaran guru, bahwa dalam pembelajaran yang telah disajikan terdapat masalah yang diasumsikan sebagai ketidak berhasilan peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. 

Berangkat dari masalah yang ditemui, maka guru segera menyusun proposal untuk dilakukan sebuah penelitian dengan melakukan eksperimen terhadap kemungkinan metode dan atau model pembelajaran yang dianggap akan mendukung keberhasilan proses pembelajaran berikutnya. Proposal merupakan langkah awal dalam menyajikan PTK yang selanjutnya ditindak lanjuti dengan penyusunan laporan PTK.

Proposal PTK disusun secara sistematis, sebagai berikut :
Judul Penelitian
Latar Belakang Masalah
a. Pendahuluan
b. Tujuan
c. Manfaat
Rumusan Masalah
Kajian Teori
Metodologi Penelitian
a. Tempat dan Waktu Penelitian
b. Skenario PTK
c. Kriteria Keberhasilan

Sistematika di atas adalah versi PLPG Rayon 110 UPI Bandung. Pada prinsipinya rumusan atau kerangka PTK itu sama. Namun perlu diketahui, bahwa dalam tertentu ada perbedaan. Hal ini disesuaikan dengan gaya selingkung (house style) masing-masing lembaga, atau pembimbing masing-masing jika untuk mahasiswa di kampus.

No comments: